Sabtu, 17 September 2011

Jadilah PEMBERONTAK ulung

Share this history on :


Mari kita mulai dengan apa kata KBBI, menurut bang KBBI berontak itu meronta-ronta hendak melepaskan diri ; melawan, tidak mau menuruti perintah. Ya, pemberontak itu orang yang suka melawan, orang yang suka bertindak melampaui batas. Setuju tak?? Saya si setuju. Jeh, belum dijawab, SETUJU GAK??
                Saya anggap sobat setuju. Dan setelah sobat menyimak apa kata KBBI, simaklah kalimat berikut, ‘Seharusnya, hasil akhir dari pemberontakan adalah tau akan batas’. Katanya pemberontak itu melampaui batas, lah tapi ko itu kalimat ngomong gitu yak?? Kalimat itu dilontarkan oleh seorang pemberontak ulung, seorang perintis Smandarikal (Smandarikal??), InsyaAllah nanti saya cerita tentang Smandarikal, kali ini bahas kalimat itu aja dulu deh.
                Tak tau apa makna sebenarnya dari kalimat itu, saya pun tak sempat menanyakan makna sebenarnya kepada sang Pemberontak. Saya hanya bisa mentafakuri, dan kira – kira beginilah hasil tafakur saya. Pernah ga sobat bilang, ‘ah, saya sepertinya takan mampu melakukan hal itu’ atau ‘saya lemah, dan sudah bisa dipastikan saya tak akan bisa melakukan hal itu’. Padahal sobat belum mencobanya tapi sudah berfatwa seperti itu. Ketika berkata seperti itu, secara tak langsung sobat sudah menyebutkan batas dari kemampuanmu lewat kalimat itu. Sobat seolah sudah tau apa yang mampu dan apa yang tidak mampu sobat lakukan.
 Disitulah pemberontakan harusnya muncul, melawan dan meronta terhadap batas yang kita kira, terhadap batas yang sempat kita ucapkan, terhadap batas yang belum terbukti keterbatasannya. Tidak bermaksud untuk menyuruh pantang menyerah, tidak juga bermaksud untuk mencoba semua hal yang kita inginkan. Tapi marilah kita temukan batas dari kemampuan kita yang sebenarnya, marilah mencoba hal – hal sebagai manusia yang realis dan idealis serta agamis. Sobat tak perlu menjadi orang lain, sobat juga jangan lagi menjadi seorang pembual yang mengumbar batas kemampuanmu dengan lidah bukan dengan peluh. Yapz, jadilah seorang pemberontak ulung yang gagah melawan batas yang tidak sengaja terucap lidah. Jadilah seorang pemberontak ulung yang melepaskan diri dari kebohongan batas yang diumbar dari oleh perkiraan – perkiraan semu. Setelah itu, temukan batasmu yang sebenarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More